Toreng Torengggg

Sabtu, 08 Juni 2013

Pencerahan Kala Sore Menjelang di Sudut Perpus LSI IPB

                                              Sudah lama sekali gw engga update di blog gw ini. 
Posisi gw saat menulis update blog ini
Sampe-sampe gw lupa apa email dan pasword untuk masuk blog ini. Parah bangett..

Setelah bermenit-menit, yaak! akhirnya bisa masuk jugaa. fiyuuhhh..

Blog ini gw update ketika gw sedang mengerjakan tesis di perpus IPB tercintaaa. Walaupun sekolah ke UI..ujung-ujungnya tetep nyangkut di LSI. hahaha*

Sekarang gw mau menceritakan kehidupan gw selama menjadi mahasiswa yang aktif, emmm ralattt...sangat sangattt aktif di dunia bekerja.

well, gw udah mau masuk lebaran ketiga ini kerja di salah satu konsultan di bogor. Dan sampe sekarang yang gw anehh adalah, ketika ada orang yang nanya "gw kerja dimana?" terus gw bilang "konsultan". dan saat itu juga, mereka bingung konsultan itu kayak gmn sii. kalo ada yg jawab begitu. gw merasa pekerjaan gw itu absurd, ga berbentuk dan gak nyataa. #nasibb!

pekerjaan yang gw geluti saat ini memang sangat membutuhkan waktu yang intens. beda banget sama kerjaan yang pernah gw geluti sebelumnya di perbankan. Kalo di konsultan semua tanggal yang ada di kalender bisa bisa dianggap hitaaaaam semua. Gak ada merahnya. hihi #ngeri yahhh.


But whatever,,,semua harus dinikmati saja. 

Gw menikmati diri gw yang kerja sampe tidur dikantor, pulang pagi (ini sudah biasa). dulu awal-awal gw sangat kaget dengan hal ini. Tapi masuk tahun ketiga, gw udah mulai sedikit terbiasa. well, ini semua karena beberapa project yg harus dikerjakan.

Gonta Ganti personil sudah menjadi kebiasaan di kantor gw. resign, masuk, resign lagi juga ada. 

Gw anggap semua ini menjadi pembelajaran atau tempaan buat mental gw. karena di konsultan kita harus bersifat kritis sama pekerjaan. inisiatif dari staff sangat dinanti-nantikan disini. Dari mulai pemasukan tender, perencanaan proyek kalo ternyata perusahaan kita menang, nyusun anggran, pelaksanaan, pembuatan laporan, dan hebleh..heblehh..


Ini semua berasaa seperti bikin skripsi, tapi bikin anggran juga, liat cashflow pengeluaran juga dan begitulahhh..

Tahun ketiga ini, banyak banget pengalaman dan ilmu yang gw serap. banyak banget, sampe kadang-kadang beluber kemana-mana.

Kuliah gw sebenernya udah selese, tinggal ngerjain tesis dan ada satu mata kuliah ini, dan gw rasa kayaknya gak bisa gw selesein dalam 3 semeter. 

paling lama 4 semester, tapi gw masih berharap bgd 3 semester ini bisa selese, karenaaa..uang semesternyaa cuyy ga nahann. biayanya 4 kalinya semseteran gw ketika gw di semesteran waktu S1. Buat makan aja gw susahh. hahaha.

Satu hal yang gak gw abis pikir adalah, waaa, gw bisa nyelesein semua mata kuliah gw dan ga ada yang ngulang (alhamdulilah) padahal kerjaan gw banyak..

Mungkin salah satu faktor pendorongnya adalah karena jam kuliah gw itu dari senin-jumat dan kalo ada sabtu. dari jam 5 soree sampe jam 9 atau 9.30 malam. jadi, mau ga mau gw harus displin masuk kuliah, mengingat uang kuliah yang mahal.

Tapi, 3 bulanan ini gw merasaa males semales malesnya karena tesis gak bisa gw sentuh. pacar aja gw sentuh, masa tesis ga bisa gw sentuh. gw lirik pun tidak...

ini kondisi terparah gw sampe gw ngerasa, buat apa gw kuliah lagi? #miris bgd!
gw mikir, toh bnyak juga yang sekolah gak sampe tinggi tapi diluar sana tetep suksesh!

Tapi, banyak hal yg langsung menjawab pertanyaan gw ini. Banyak kejadian yg buat gw, hemm! maulanii kamu harus bisaa nyelesein tesis.

YaaaK!!, gw harus yakin sama yang gw kerjain. gw punya cita-cita dan impian yang besar setelah selese tesis gw ini. kunci keberhasilan itu sebenernya displin, displin sama perencanaan waktu yang lo buat. 

So, bagi semua yang sedang merasa malas karena mengerjakan sesuatu, gw punya beberapa tips yang mudah-mudahan bisa bantu kalian..this is it

  1. Cari tempat yang lo anggap paling nyaman, yang bisa membuat lo rileks. Bisa di kamar, bisa diatas kasur, bisa dibawah kasur, bisa di dapur, bisa teras, bisa di kantor, bisa di meja kantor, di toilett kantor lo jugaa boleh. Dan lo mesti percaya, ada temen gw yang sangat nyaman kalo dia nongkrong di kloset duduk. dan dia bisa berlama-lama dia disana. hahaha.  pokoknya cari tempat senyaman lo. tapi pleasee, jangan di tengah jalan. lo harus bedain mana nyaman mana yang ga nyaman dan berbahaya bagi lo. 
  2. Lo tulis semua keinginan dan harapan lo. resapi setiap kalimat yang lo tulis..misal. lo pengen lulus kuliah (kaya gw), pengen jadi dosen (keinginan gw), pengen langsing (harapan gw), pengen badan kaya artis korea snsd (impian gw) hihi. tulislahh yaaa, you know what yo want..
  3. Terus lo tulis, gmn caranya bisa ngedapetin itu semua. misal harus rajin nulis, harus dateng tepat waktu ke kantor biar kerjaan lo selese..bikin timeline waktu. di kantor gw menggunakan report harian, yang gw buat untuk gw sendiri, untuk ngeliat apa yang udah kerjkan (semacam to do list).
  4. DISPLIN. kata ini gw juga susah nerapinnya. tapi sampe sekarang gw masih terus berusaha. lo mesti displin sama to do list yang lo susun. jangan buat yang diluar batas kemampuan lo. misal kalo gw demi langsing : to do list gw (Ga makan seharian, ini malah bisa bikin gw ga semangat buat kerja karena gak ada energi).
  5. Nah ini yang paling penting setelah lo ikhtiar (berusaha), jangan lupa solat, ibadah ke gereja atau wihara atau vihara (bagi yang non muslim). ingett deh, kalo kita mau minta sesuatu, lo juga harus pedekate-in sama yang Maha Memberi..
  6. Mintalah doa restu dari orang tua ini mujarab, minta disetiap doa mereka untuk menyelipkan doa buat lo biar lo menjadi.....(apa yang lo mau)
  7. Selalu bersyukur atas apa yang lo kasih, (...."Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?")
  8. Kalo lo males lagi, kembali ke poin pertama yaahh..

Well, itu aja update dari gw untuk hari ini. Berhubung, ini perpus makin lama makin sepi dan gw dipojok sendiri, teruss ada petir menyambar-nyambar, angin berlarian menubruk pohon-pohon yang berjajar indah di depan gw. 

Lagian burung elang yang gw parkir di parkiran perpus udah nge-Ping!! gw.. dia pun me Line gw dengan emotion yang menunjukan kalo dia kelaparan.. (berasa sinetron indosiar)


Baiklah, sukses buat kita semua dengan semua harapan dan keinginan kita. Salam Macho!
 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar